Tips Aman dan Sehat Saat Menjelajah Internet

Pengguna internet di Indonesia per maret 2015 mencapai sedikitnya 73 juta atau sekitar 29% dari total populasi (sumber data: Kominfo). Dari jumlah tersebut, sekitar 62 juta diantaranya mengakses media sosial dengan rata-rata waktu yang digunakan sekitar tiga jarm per hari. Jumlah ini tentunya akan terus meningkat seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk di Indonesia. Di 2020 sendiri, dengan mewabahnya Covid-19 membuat percepatan terhadap akses digitalisasi ini. Semua jenis kegiatan kita yang mulanya konvensional telah berubah menjadi serba digital berbasis internet.

Dengan aktifnya penggunaan internet, sebaiknya dikuti juga dengan kesadaran akan keamanan dari akun pengguna internet. Sudah barang tentu bahwa menjaga keamanan data diri dan privasi menjadi salah satu kewajiban kita saat ini ketika menjelajahi dunia internet. Saat ini banyak sekali jenis Malware yang dapat merugikan pengguna, sepert pencurian data, merusak atau menurunkan performa komputer ataupun smartphone Anda, penipuan dan kejahatan siber (cybercrime) yang lain.

Keamanan data pribadi ini jelas sudah menjadi concern/fokus oleh pemerintah dalam hal ini Kominfo, sebagai pihak terdepan dalam menjaga keamanan internet di Indonesia. Salah satu upaya nyatanya adalah dengan adanya PSE (Penyelenggara Sistem Elektronik) yang mengharuskan bagi setiap penyelenggara sistem elektronik di Indonesia apapun jenisnya agar mendaftar dan mematuhi aturan didalamnya.

Tips Aman dan Sehat Saat Menjelajah Internet. Menjaga keamanan data diri dan privasi menjadi salah satu kewajiban kita... Kominfo sebagai pihak terdepan dalam menjaga keamanan internet di Indonesia... salah satu upaya nyatanya adalah dengan adanya PSE (Penyelenggara Sistem Elektronik).
Tips Aman dan Sehat Saat Menjelajah Internet
Source Image : canva.com


Disamping itu, tentunya dari pribadi kita sendiri, perlu juga adanya antisipasi untuk menghindari kejahatan siber tersebut, berikut tips aman dan sehat saat menjelajah internet:

1. Menggunakan password yang baik
Gunakan password yang unik untuk melindungi akun Anda dari para peretas. Gunakan password yang berbeda untuk setiap akun Anda, yang terdiri dari huruf kecil, huruf besar, simbol, angka dan minimal 8 karakter. Dengan begitu, kemungkinan sandi Anda diretas cukup kecil, kemudian jangan lupa untuk menyimpan dan mengingat sandi tersebut di tempat yang aman.

2. Verifikasi login
Tambahkan tingkat keamanan ketika Anda login dengan fitur two-step verification, seperti yang sudah
tersedia pada Gmail, Yahoomail dan Facebook. Ketika Anda login, tidak hanya memasukkan username dan password, tetapi juga diminta untuk memasukkan kode yang dikirimkan ke nomor ponsel Anda. Dengan begitu, hanya Anda yang dapat mengakses akun.

3. Permission
Setiap Anda memasang aplikasi, akan muncul permintaan izin untuk mengakses semua informasi. Baca
terlebih dahulu akses informasi apa saja yang diminta. Jika Anda sudah tidak menggunakan aplikasi tersebut, sebaiknya hapus aplikasi agar pihak lain tidak dapat mengakses infomasi milik Anda.

4. Kontak Penting
Saat mendaftar di sebuah akun, kita mendapat pertanyaan enmail dan nomor kontak yang nanti digunakan untuk mengirimkan kode jika lupa password. Berikan data yang sebenarnya agar informasi seperti kode pengganti password dapat terkirim pada pemiliknya.

Nah itu tadi, 4 tips aman dan sehat saat menjelajah internet. Intinya tetaplah berhati-hati dan cermat setiap kali kita mengunjungi internet dimanapun itu.

Belum ada Komentar untuk "Tips Aman dan Sehat Saat Menjelajah Internet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel