Pengertian, Fungsi, dan Tugas Pemimpin

Menurut kamus, pemimpin adalah orang yang memimpin, orang yang memegang tangan sambil berjalan untuk menuntun, menunjukkan jalan orang yang dibimbing, orang yang menunjukkan jalan
Pengertian, Fungsi, dan Tugas Pemimpin
Pengertian Kepemimpinan
Pengertian kepemimpinan dapat diartikan sebagai segala hal yang berhubungan dengan pekerjaan memimpin. Ia dapat mengenai orang, watak, sifat, kegiatan, atau perilakunya. Sedangkan menurut Wahjo Sumidjo (2002) menyatakan bahwa kepemimpinan sering diartikan sebagai sifat, perilaku pribadi, pengaruh terhadap orang lain, paham, interaksi/hubungan kerja sama antar peran/kedudukan administrasi tertentu.

Mulyasa (2003) mengartikan kepemimpinan sebagai kegiatan untuk mempengaruh orang yang diarahkan terhadap pencapaian tujuan organisasi. Sutisna dalam buku Mulyasa (2003), merumuskan kepemimpinan sebagai proses mempengaruhi kegiatan seseorang atau kelompok dalam usaha kearah pencapaian tujuan dalam situasi tertentu. Soepardi dalam buku Mulyasa (2003) mendefinisikan kepemimpinan untuk menyelenggarakan, mempengaruhi, memotivasi, mengajak, mengarahkan, memberi, membimbing, menyuruh, memerintah, melarang bahkan menghukum serta membina dengan maksud agar manusia sebagai media manajemen mau bekerja dalam rangka mencapai tujuan administrasi secara efektif dan efisien. Melalui rumusan-rumusan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa kepemimpinan pada hakekatnya adalah ilmu dan seni untuk mempengaruhi dan mengarahkan orang/bawahan/pengikut/pendukung dengan cara membangun kepatuhan, kesetiaan, kepercayaan, hormat, dan bekerjasama dengan penuh semangat untuk mencapai tujuan organisasi.

Untuk mencapai keberhasilan seorang pemimpin perlu bersikap adil, memberi sugesti, memberikan dukungan, bertindak sebagai katalisator, menciptakan rasa aman, sebagai sumber inspirasi, sebagai pelindung, dan sebagai atasan. Kemampuan dasar (leadership skills) yang perlu dimiliki seorang pemimpin menurut Suites dalam buku Wahjo Sumidjo (2002) adalah technical skills, human skills, dan conceptual skills.

Pengertian Pemimpin

Menurut kamus, pemimpin adalah orang yang memimpin, orang yang memegang tangan sambil berjalan untuk menuntun, menunjukkan jalan orang yang dibimbing, orang yang menunjukkan jalan dalam arti kiasan yaitu orang yang melatih, mendidik, mengajari supaya akhirnya dapat mengerjakan sendiri. Pemimpin juga memiliki arti yaitu orang yang memimpin, dalam arti kiasan seperti penuntun, pembuka.

Ada beberapa definisi tentang pemimpin antara lain:
a) “Leader area persons others want to follow, Leaders are the ones who command the trust and loyalty of followers-the great persons who capture the imagination and admiration of those with whom they deal……” (DonHelhiegel,1982).
b) “…… She is leader in the sense that she is able to communicate ideas to others in such away as to influence their behavior to reach somegoals……”
c) “The leaders is the person who creates the most effective change in group performance” (Cattell,1951).
d) “The leader is one who succeeds in getting others to follow him” (Cowley, 1928).

Fungsi dan Tugas Pemimpin

Berdasarkan pengertian/definisi sebagaimana dikemukakan di atas dapat diketahui adanya tugas dari seorang pemimpin adalah sebagai berikut:
- Membangkitkan kepercayaan dan loyalitas bawahan.
- Mengkomunikasikan gagasan kepada orang lain.
- Mempengaruhi orang lain.
- Mengkoordinasikan sejumlah kegiatan.

Sedangkan fungsi dari seorang pemimpin, antara lain:
a) Menciptakan perubahan secara efektif di dalam penampilankelompok.
b) Menggerakkan orang lain sehingga secara sadar orang lain tersebut melakukan apa yang dikehendaki oleh pemimpin.

Dalam definisi pemimpin terdapat nilai-nilai penting yang terkandung di dalamnya, yaitu antara lain:

a) Adanya kewibawaan yaitu kekuasaan atau hak untuk mengeluarkan perintah yang harusdiamati.
b) Keberhasilan pemimpin ditentukan oleh seberapa jauh bawahan memberikan dukungan.
c) Faktor komunikasi antar manusia (human relation) memegang peranan strategik.

Fungsi pemimpin menurut dua pakar manajemen berikut dapat memperkaya pemahaman tentang pemimpin, yaitu sebagai berikut:

1. James A. F. Stoner (Management,1982)
Agar kelompok dapat beroperasi secara efektif, seorang pemimpin mempunyai dua fungsi pokok, yaitu:

a. Fungsi pemecahan masalah
Dalam fungsi ini pemimpin memberikan saran dalam pemecahan masalah serta memberikan sumbangan informasi dan pendapat.
b. Fungsi menjaga keutuhan kelompok
Seorang pemimpin membantu kelompok-kelompok beroperasi lebih lancar, memberikan persetujuan atau melengkapi anggota kelompok yang lain, menjembatani kelompok yang sedang berselisih pendapat.

2. Pendapat Selznick yang disitasi oleh Richard H. Hal dalam bukunya yang berjudul “Organization Structure and Process” (1982). Macam-macam tugas penting seorang pemimpin:

a. Mendefinisikan misi dan perananorganisasi
b. Menciptakan kebijaksanaan untuk mencapai tujuan yang ditetapkan
c. Mempertahankan keutuhan organisasi
Keutuhan organisasi sangat menentukan keberhasilannya dalam mencapai tujuan melalui sejumlah kegiatan yang dilaksanakan oleh anggota organisasi. Makin besar organisasi makin beragam kegiatan yang harus dilaksanakan makin beragam pula kelompok-kelompok dalam organisasi.
d. Mengendalikan konflik internal yang terjadi di dalam organisasi
Dalam kehidupan organisasi modern konflik tidak bisa dihindarkan.organisasi sistem terbuka sehingga membuka kemungkinan timbulnya macam-macam persepsi dalam rangka penampilan organisasi yang dapat menjadi sumber penyebab timbulnya konflik. Sumber konflik yang berasal dari faktor internal, seperti struktur organisasi yang tidak tepat, sumber daya manusia dan sebagainya. Faktor eksternal, yaitu adanya macam-macam perubahan dan perkembanga, seperti lingkungan, teknologi, organisasi lain, suasana politik dan sebagainya. Untuk dapat mengendalikan konflik seorang pemimpin harus menguasai faktor-faktor berkaitan dengan konflik, ciri-ciri konflik, sumber konflik, tingkat konflik, manajemen konflik, serta peranan kepemimpinan dalam mengatasi konflik.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian, Fungsi, dan Tugas Pemimpin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel