Apa itu Zumba? Olahraga Ringan Dengan Segudang Manfaat


Zumba adalah latihan kebugaran yang gerakannya terdiri dari perpaduan tarian salsa dan gerakan tari latin.Manfaat Zumba yang Menyehatkan dan Menyenangkan
Tarian Zumba
Source : canva.com

Apa itu zumba?

Zumba adalah latihan kebugaran yang gerakannya terdiri dari perpaduan tarian salsa dan gerakan tari latin. Gerakan latihan ini juga menyisipkan koreografi senam aerobik, sehingga terkesan seperti olahraga sambil menari. Perpaduan berbagai gerakan dansa seperti cha-cha, salsa, tango, sampai flamenco dengan diiringi musik menjadi sebuah olahraga yang menarik sekaligus menyehatkan. Nah penasaran kan, apa saja manfaat dari olahraga zumba ini?

Berikut Ini 4 Manfaat Zumba yang Menyehatkan dan Menyenangkan:

1. Mampu membakar kalori

Dalam latihan ini, Anda akan mendapatkan manfaat zumba dengan kalori melalui latihan aerobik pada gerakannya. Rata-rata, satu kali latihan Zumba dapat membakar 400-600 kalori per jam. Hal tersebut tentu saja kabar yang membahagiakan bagi Anda yang menginginkan tubuh kecil, ramping, dan langsing yang banyak diidam-idamkan oleh kaum hawa. Manfaat zumba juga bisa Anda dapatkan dengan gerakan tarian beat merengue atau melakukan beberapa set gerakan jongkok yang diikuti dengan lompatan plyometric.

2. Seluruh anggota tubuh ikut bergerak dan terlatih

Selain membakar kalori, zumba punya manfaat untuk kesehatan jantung. Gerakan zumba menawarkan gerak menyeluruh dari atas sampai bawan bagian tubuh. Untuk gerakan bagian atas biasanya mengedepankan tangan bahu dan kepala biasanya untuk bergerak seirama. Sedangkan untuk bagian tengah hingga bawah tubuh, latihan zumba ini akan membuat perut, pantat, pinggul dan kaki Anda semuanya bergerak secara bersamaan. Tidak lupa juga kalau manfaat zumba bisa melatih semua persendian tubuh karena gerakannya. Saat berlatih zumba, fleksibilitas juga akan dilatih pada saat bagian pemanasan, pendinginan, dan isi tarian zumba.

3. Olahraga yang menyenangkan, sehingga tidak berat dilakukan

Pada sebuah rekor, Zumba pernah memenangkan sebagai olahraga dengan kelas terbanyak dari seluruh dunia. Karena banyaknya permintaan masyarakat, studio gym dan senam di banyak negara sampai menawarkan kelas-kelas zumba sesuai minat dan tujuannya. Ada zumba kelas standar, zumba kelas lanjut usia, zumba anak-anak, hingga zumba aqua yang pelatihannya dilakukan di kolam renang.

Mengapa zumba begitu disukai? Karena zumba pada dasarnya menyajikan musik dan tarian. Nah, musik dan tarian ini dianggap juga sebagai bahasa universal yang dapat dikaitkan dan dinikmati oleh semua orang di dunia.

Olahraga yang terasa menyenangkan tentu saja baik, karena ini membuat kita bersemangat melakukannya. Jadi untuk Anda yang sering malas pergi ke gym atau malas berolahraga, melakukan zumba mungkin bisa membuat Anda lebih termotivasi.

4. Zumba mencegah stress dan memperbaiki mood

Salah satu manfaat zumba yang paling terasa adalah dapat meng.atas stres dan penat karena pada saat latihan zumba Anda akan diiringi lagu-lagu yang penuh semangat, kekinian, dan pastinya dengan tema upbeat. Jika Anda sedang, ditarnda stress, cobalah untuk melakukan latihan zumba tentu saja dengan musik upbeat yang, membangkitkan semangat.

Nah itu tadi manfaat baik dari olahraga zumba bagi kesehatan tubuh baik jasmani maupun mental rohani. Selamat mencoba.

Belum ada Komentar untuk "Apa itu Zumba? Olahraga Ringan Dengan Segudang Manfaat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel