Silabus Kisi-Kisi Materi KSN/OSN atau Lomba Matematika Tingkat SMP Terbaru 2022

Halo Sobat Share Ilmu, tentunya sudah tidak asing kan dengan KSN. KSN adalah kepanjangan dari Kompetisi Sains Nasional merupakan ajang kompetisi Sains bagi para pelajar dari jenjang SD, SMP, dan SMA di seluruh penjuru Indonesia. Kompetisi ini diselengggarakan oleh Puspresnas yaitu Pusat Prestasi Nasional. KSN ini selalu digelar setiap tahun ya sobat dengan tujuan guna memfasilitasi kemampuan, bakat, minat, serta prestasi para siswa di bidang sains. Nah KSN ini juga akrab dikenal dengan nama OSN atau Olimpiade Sains Nasional.

Kompetisi Sains Nasional merupakan ajang kompetisi Sains bagi para pelajar dari jenjang SD, SMP, dan SMA di seluruh penjuru Indonesia.Jadi, buat menyiapkan untuk KSN tahun depan, ataupun lomba kompetisi yang lain, mimin mau share Silabus Kisi-Kisi Materi KSN/OSN atau Lomba Matematika Tingkat SMP Terbaru 2022.
Silabus Kisi-Kisi Materi KSN/OSN atau Lomba Matematika Tingkat SMP Terbaru 2022

Pada KSN 2022 ini, untuk jenjang SMP/MTS terdapat 3 Bidang yang dikompetisikan, yaitu:

1. Matematika
2. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
3. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Kompetisi KSN 2022 jenjang SMP tentunya sudah mulai diselenggarakan ya. Untuk mengetahui perkembangannya kompetisi KSN 2022 ini kalian dapat mengakses di halaman resmi puspresnas.kemendikbud.go.id. Kapan pelaksanaan KSN 2022 jenjang SMP? Sesuai edaran dari Puspresnas, KSN 2022 jenjang SMP untuk babak penyisihan diselenggarakan pada:
1. Bidang Matematika 28 Juni 2022 pukul 08.00 WIB
2, Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) 28 Juni 2022 pukul 12.30 WIB
3. Bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) 29 Juni 2022 mulai pukul 08.00 WIB

Jadwal ini diambil dari  sosial media resmi instagram puspresnas ya teman-teman.

Nah, karena babak penyisihan tahap 1 sudah dilaksanakan, jadi mesti pada nunggu pengumuman kelolosan ke babak penyisihan tahap 2 KSN 2022 tingkat SMP. Kalian bisa cek pengumuman LOLOS Babak Penyisihan Tahap 2 KSN 2022 tingkat SMP di laman resmi puspresnas ya, yaitu puspresnas.kemendikbud.go.id

Buat yang lolos, selamat ya. Buat yang belum berhasil, jangan sedih ya, kan masih ada tahun depan. Juga masih ada kesempatan di event kompetisi yang lain. Nah biar lolos, tentunya ada tips dan triknya. Tips dari mimin adalah kalian mempelajari materi pokok yang diujikan di KSN itu, karena materi KSN ada yang berbeda dengan materi yang teman-teman terima setiap harinya. 

Jadi, buat menyiapkan untuk KSN tahun depan, ataupun lomba kompetisi yang lain, mimin mau share Silabus Kisi-Kisi Materi KSN/OSN atau Lomba Matematika Tingkat SMP Terbaru 2022. Tentunya dengan paham silabusnya, kalian dapat dengan mudah menganalisis soal KSN/OSN matematika 2022/2021/ataupun tahun-tahun sebelumnya. Kalian juga dapat mempelajari contoh soal KSN/OSN 2022/2021/ataupun tahun sebelumnya sebagai bahan memperkaya dan mengasah kemampuan.

Semoga silabus ini dapat membantu teman-teman untuk tahu bab-bab atau materi apa yang harus dipelajari, jadi kalian bisa lebih terarah dan matang dalam belajarnya. Tetap semangat untuk berkompetisi.

SILABUS MATERI MATEMATIKA SMP

1. Bilangan

Meliputi operasi bilangan bulat dan sifat-sifatnya, KPK, FPB, basis bilangan serta sifat-sifat bilangan berpangkat.

2. Aljabar

Meliputi notasi dan operasi himpunan, relasi dan fungsi, operasi aljabar, operasi fungsi linear dan kuadrat, perbandingan senilai dan berbalik nilai, sistem persamaan linear dua peubah, serta barisan dan deret.

3. Geometri

Meliputi garis dan sudut, bangun datar, teorema Phytagoras, transformasi, bangun ruang,serta luas permukaan, volume, dan jaring-jaring.

4. Statistika dan Peluang

Meliputi statistika (rata-rata, median, modus data tunggal dan penafsirannya, penyajian data) dan peluang (percobaan dan ruang sampel, aturan pencacahan, peluang suatu kejadian)

5. Kapita Selekta

Meliputi pemecahan masalah kontekstual yang berkaitan dengan bilangan, aljabar, geometri, statistika, dan peluang.

Terimakasih sudah membaca. Semoga bermanfaat. Tetap semangat dan sehat selalu.

Baca Juga:


Tertarik mengikuti kompetisi matematika tingkat nasional dengan total hadiah 32 juta rupiah, cek disini.

Belum ada Komentar untuk "Silabus Kisi-Kisi Materi KSN/OSN atau Lomba Matematika Tingkat SMP Terbaru 2022"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel