Silabus Kisi-Kisi Materi KSN/OSN atau Lomba Matematika Tingkat SD Terbaru 2022

Halo Sobat Share Ilmu, tentunya sudah tidak asing kan dengan KSN. KSN adalah kepanjangan dari Kompetisi Sains Nasional merupakan ajang kompetisi Sains bagi para pelajar dari jenjang SD, SMP, dan SMA di seluruh penjuru Indonesia. Kompetisi ini diselengggarakan oleh Puspresnas yaitu Pusat Prestasi Nasional. KSN ini selalu digelar setiap tahun ya sobat dengan tujuan guna memfasilitasi kemampuan, bakat, minat, serta prestasi para siswa di bidang sains. Nah KSN ini juga akrab dikenal dengan nama OSN atau Olimpiade Sains Nasional.

Kompetisi Sains Nasional merupakan ajang kompetisi Sains bagi para pelajar dari jenjang SD, SMP, dan SMA di seluruh penjuru Indonesia.Jadi, buat menyiapkan untuk KSN tahun depan, ataupun lomba kompetisi yang lain, mimin mau share Silabus Kisi-Kisi Materi KSN/OSN atau Lomba Matematika Tingkat SD Terbaru 2022.
Silabus Kisi-Kisi Materi KSN/OSN atau Lomba Matematika Tingkat SD Terbaru 2022

Pada KSN 2022 ini, untuk jenjang SD/MI terdapat 2 Bidang yang dikompetisikan, yaitu:

1. Matematika
2. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Kompetisi KSN 2022 jenjang SD tentunya sudah mulai diselenggarakan ya. Untuk mengetahui perkembangannya dapat diakses di halaman puspresnas.kemendikbud.go.id atau disini. Kapan pelaksanaan KSN 2022 jenjang SD? Sesuai edaran dari Puspresnas, KSN 2022 jenjang SD untuk babak penyisihan diselenggarakan mulai dari 6-7 Juni 2022 dengan agenda seleksi KSN secara daring di 34 provinsi dan 1 Sekolah Indonesia Luar Negeri. Jadwal ini diambil dari panduan yang telah diterbitkan di laman puspresnas dan dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan dan pastinya akan diumumkan di sosial media resmi puspresnas.
Nah, karena babak penyisihan sudah dilaksanakan, jadi mesti pada nunggu pengumuman kelolosan ke babak final KSN 2022 tingkat SD. Kalian bisa cek pengumuman LOLOS Babak Final KSN 2022 tingkat SD di laman resmi puspresnas ya, yaitu puspresnas.kemendikbud.go.id

Buat yang lolos, selamat ya. Buat yang belum berhasil, jangan sedih ya, kan masih ada tahun depan. Juga masih ada kesempatan di event kompetisi yang lain. Nah biar lolos, tentunya ada tips dan triknya. Tips dari mimin adalah kalian mempelajari materi pokok yang diujikan di KSN itu, karena materi KSN ada yang berbeda dengan materi yang teman-teman terima setiap harinya. 

Jadi, buat menyiapkan untuk KSN tahun depan, ataupun lomba kompetisi yang lain, mimin mau share Silabus Kisi-Kisi Materi KSN/OSN atau Lomba Matematika Tingkat SD Terbaru 2022. Tentunya dengan paham silabusnya, kalian dapat dengan mudah menganalisis soal KSN/OSN matematika 2022/2021/ataupun tahun-tahun sebelumnya. Kalian juga dapat mempelajari contoh soal KSN/OSN 2022/2021/ataupun tahun sebelumnya sebagai bahan memperkaya dan mengasah kemampuan.

Semoga silabus ini dapat membantu teman-teman untuk tahu bab-bab atau materi apa yang harus dipelajari, jadi kalian bisa lebih terarah dan matang dalam belajarnya. Tetap semangat untuk berkompetisi.

SILABUS MATERI MATEMATIKA SD

1. Bilangan

Meliputi bilangan bulat, bilangan rasional, urutan bilangan, pola bilangan, KPK dan FPB.

2. Aritmatika

Meliputi operasi pada bilangan, pemfaktoran, sifat-sifat operasi, persamaan linear satu variabel, persamaan linear dua variabel, dan sistem pertidaksamaan linear.

3. Geometri

Meliputi sifat-sifat poligon dan lingkaran, sudut dan pengukuran, luas daerah, jaring-jaring, volume dan luas permukaan (kubus, balok, prisma, tabung, limas, kerucut, dan bola), serta jarak titik dengan bidang.

4. Statistika, Data, dan Pengukuran

Meliputi rata-rata, median, modus, perbandingan, grafik dan diagram, representasi data, dan pengukuran kecepatan.

5. Kombinatorika

Meliputi prinsip sarang merpati, permutasi, dan kombinasi.

Terimakasih sudah membaca. Semoga bermanfaat. Tetap semangat dan sehat selalu.

Baca Juga:

Tertarik mengikuti kompetisi matematika tingkat nasional dengan total hadiah 32 juta rupiah, cek disini.

Belum ada Komentar untuk "Silabus Kisi-Kisi Materi KSN/OSN atau Lomba Matematika Tingkat SD Terbaru 2022"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel