Manfaat Yoga | Jadi Lebih Sehat dan Bugar dengan Yoga

Yoga merupakan sebuah aktivitas fisik yang melibatkan meditasi dengan teknik peregangan, pernapasan, keseimbangan, dan kelenturan tubuh untuk mencapai keselarasan dan harmoni antara emosi, jiwa, mental, spiritualitas dan tubuh.   Banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh apabila kita rutin beryoga, diantaranya adalah dapat  meningkatkan fokus mental, membuang racun dari dalam tubuh, meningkatkan fleksibilitas tubuh, mengatur berat badan dan bahkan bisa meningkatkan kesehatan mental dengan mengurangi stress, depresi dan gangguan tidur.
Manfaat Yoga | Jadi Lebih Sehat dan Bugar dengan Yoga
Source Image: canva.com


Tentunya yoga sudah tak asing lagi di telinga masyarakat terutama bagi kaum hawa. Tak perlu merogoh kocek terlalu dalam, yoga kini sudah menjadi salah satu jenis olahraga yang pamornya terus menanjak di mata publik dalam beberapa tahun belakangan ini. Yoga merupakan sebuah aktivitas fisik yang melibatkan meditasi dengan teknik peregangan, pernapasan, keseimbangan, dan kelenturan tubuh untuk mencapai keselarasan dan harmoni antara emosi, jiwa, mental, spiritualitas dan tubuh. 

Banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh apabila kita rutin beryoga, diantaranya adalah dapat  meningkatkan fokus mental, membuang racun dari dalam tubuh, meningkatkan fleksibilitas tubuh, mengatur berat badan dan bahkan bisa meningkatkan kesehatan mental dengan mengurangi stress, depresi dan gangguan tidur. Hingga terlebih lagi, yoga sangat dianjurkan bagi wanita hamil, dengan catatan teknik-teknik yang sederhana, hal ini dikarenakan gerakan yoga dapat mempermudah proses kelahiran dari bayi.

Sudah menjadi rahasia umum apabila wanita (apalagi yang bekerja di perusahaan) dituntut untuk memiliki jiwa multitalent, yang notabene harus bisa menyelaraskan antara pekerjaan di kantor maupun tanggungjawabnya sebagai ibu tangga. Oleh karena itu, kemungkinan untuk tingkat stress kaum wanita lebih besar dibandingkan dengan laki-laki (walaupun belum tentu semuanya seperti itu ya bunda). Jadi, tak heran olahraga yoga menjadi salah satu pilihan sebagian besar karyawati ataupun wanita karir untuk menetralisir beban kerja otak. 

Kegiatan Yoga ini pun dapat dengan mudah dilakukan, terlebih sekarang sudah banyak komunitasnya dan banyak pula bunda-bunda instruktur yang berpengalaman dalam teknik-teknik Yoga. Gerakan yoga nya pun sangat aman dan mudah untuk diikuti, seperti postur dasar yoga, teknik pernapasan, pembentukan postur dengan mengimplementasikan penggunaan tali, maupun rangkaian gerakan, meditasi dan nyanyian yang dibuat untuk membangkitkan tenaga dalam yang terletak di bagian bawah tulang belakang. 

Melihat banyaknya manfaat yang diperolah dari yoga, tentunya makin banyak antusias dari kaum hawa yang tertarik untuk bergabung dalam kegiatan olahraga yoga yang tergolong dalam low intensity sport ini. Tentunya efek atau manfaatnya akan semakin terasa dengan rutin mengadakan rutinitas yoga ini. Durasi yang diikuti pun tidak harus lama, yakni selama 2 jam per minggu, yang terpenting adalah konsistensi. Tentunya tetap untuk memperhatikan kebugaran tubuh, jangan memaksa, dan tetap mengikuti anjuran dari instruktur.

Dengan melakukan yoga secara rutin, pastinya tubuh kita akan lebih merasa bugar. Dengan kegiatan recharge otak seperti ini, kita sudah peduli terhadap diri kita sendiri dan mempunyai komitmen bersama untuk lebih sehat, bugar dan happy, dan bisa menjalankan rutinitas dengan lebih semangat. Tentunya efeknya akan lebih manjur dengan selalu diimbangi pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Yoga | Jadi Lebih Sehat dan Bugar dengan Yoga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel