Jadi Lebih Fit dengan Atur Pola Makan Sehat

Pola makan yang sehat adalah makanan yang mengandung semua unsur gizi seimbang sesuai kebutuhan tubuh, baik protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral dan air atau kita lebih akrab dengan sebutan 4 sehat 5 sempurna. Sumber nutrisinya pun harus dipilih yang sealami mungkin.
Pola Makan Sehat
Source Free Image: canva.com

Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh tentulah keharusan bagi setiap individu. Karena dengan tubuh yang sehat kita akan nyaman dalam menjalani setiap aktivitas kita. Tentu kita tidak mau sakit kan? Nah kebanyakan sakit itu dapat berasal dari pola hidup yang kurang baik. Salah satu aspek kesehatan yang wajib kita perhatikan salah satunya adalah makanan.

Apa sih pola makan sehat itu? Pola makan yang sehat adalah makanan yang mengandung semua unsur gizi seimbang sesuai kebutuhan tubuh, baik protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral dan air atau kita lebih akrab dengan sebutan 4 sehat 5 sempurna. Sumber nutrisinya pun harus dipilih yang sealami mungkin.

Nah bagaimana sih mengatur pola makan sehat bagi tubuh? Berikut ini langkah mudah untuk mengatur ke pola makan yang sehat:

1. Pertama, Hindarilah makanan yang kaya akan kandungan lemak, yakni yang dimasak dengan kaya akan minyak, mentoga, margarin dan santan. Kandungan lemak yang berlebihan bagi tubuh sangat tidak baik karena akan membuat kita rentan terkena penyakit salah satunya kolesterol. Dalam jumlah tertentu yang pas sesuai AKG (Angka Kecukupan Gizi) tubuh kita perlu lemak dan kebutuhan lemak untuk tubuh manusia itu sudah bisa tercukupi dengan mengonsumsi kacang- kacangan atau bij-bijian.

2. Kedua, Hindari makanan yang mengandung bahan pengawet. Makanan berpengawet lama-kelamaan didalam tubuh akan menjadi zat yang berbahaya, yaitu dapat menjadi bibit kanker, yang tentunya harus sangat kita hindari. Kalaupun terpaksa membeli makanan dalam kemasan, pilihlah yang mencantumkan keterangan "Tanpa Pengawet".

3. Ketiga, Hindari bumbu penyedap secara berlebihan. Lebih baik lagi, hindari sama sekali. Memang tentu, makanan akan lebih kaya rasa apabila ditambahkan penyedap rasa. Akan tetapi penambahan penyedap rasa atau lebih dikenal dengan micin dalam porsi yang banyak dan sering dapat berefek buruk bagi tubuh. Kandungan senyawa monosodium glutamat di dalam bumbu penyedap tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda.

4. Keempat, Perbanyak mengonsumsi buah dan sayuran. Buah dan sayuran ini sangat kaya akan mineral dan vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Kesehatan tubuh akan lebih terjaga karena buah-buahan dan sayuran mampu mengikat zat karsinogen. Tentunya konsumsinya juga selalu dikontrol dan sesuai anjuran, jangan berlebihan. Seperti pepatah, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

5. Kelima, Hindarilah makanan jeroan, lemak, otak, kulit ayam dan kuning telur, yang merupakan sumber lemak penyebab obesitas dan gangguan kardiovaskular. Alihkan pilihan kepada makanan yang minim kandungan lemak, misalnya daging tanpa lemak, makanan berkuah bening, susu rendah lemak, susu kedelai, oat, yoghurt, putih telur serta ikan sebagai sumber protein terbaik. Makanan seperti ini sekarang juga sangat mudah ditemui.

6. Keenam, Perbanyaklah meminum air putih karena kekurangan cairan membuat kinerja beberapa organ vital terganggu. Sesuai anjuran yang kerap kita dengar, yaitu 8 gelar air putih yang harus kita konsumsi setiap harinya. Jangan mengonsumsi minuman beralkoh*l, bersoda serta yang mengandung gula dan kafein tinggi. Dapat juga dikombinasikan dengan jus sayuran dan buah karena mereka juga baik untuk memelihara kesehatan tubuh.

Nah itu tadi, cara mengatur dan menentukan pola makan sehat agar tubuh kita lebih fit. Usahakan juga pola makan sehat ini dibarengi dengan pola aktivitas yang baik, seperti rajin berolahraga. Semoga bermanfaat. Salam sehat semua.

Belum ada Komentar untuk "Jadi Lebih Fit dengan Atur Pola Makan Sehat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel