Report Text : Pengertian, Struktur, Ciri-ciri, dan Contoh Report Text Beserta Terjemahan

Salam semangat untuk selalu berbagi manfaat, kali ini kita akan belajar contoh dari Report Text. 
Dalam Bahasa Inggris banyak sekali teks-teks yang unik salah satunya Report Text. Seringkali ketika kita selesai melakukan kegiatan observasi, baik itu penelitian, pengamatan, kunjungan, maupun study tour kita akan disuruh untuk membuat laporan kegiatan tersebut. Nah dalam Bahasa Inggris, teks laporan yang kita buat itu disebut Report Text. Nah supaya lebih paham, mari kita pelajari secara mendetail apa yang dimaksud Report Text ?

Secara sederhana Report Text is the text that explains the details of something in general after going through observations. Artinya report text adalah teks yang menjelaskan detail dari sesuatu hal secara umum setelah melalui pengamatan.Struktur Report Text Report Text terdiri dari dua bagian yaitu: 1. General Classification General classification atau klasifikasi umum adalah bagian struktur report text yang berisi penjelasan dari objek yang dibahas hal-hal umum darinya. Hal umum ini berupa hal dasar, misalnya nama ilmiah, jenis makanan, tempat asal, dan lain sebagainya (bila yang menjadi objek adalah benda hidup seperti hewan ataupun tumbuhan). 2. Description Description atau deskripsi adalah bagian struktur report text yang berisi penjelasan secara detail mengenai gambaran dari objek yang dibahas. Misalnya, anggota tubuh, karakteristik bagian tubuh dan fungsinya, pola perilakunya, dan lain sebagainya.
Report Text : Pengertian, Struktur, Ciri-ciri, dan Contoh Report Text Beserta Terjemahan



Pengertian Report Text

Seperti kita ketahui bahwa teks Report Text adalah dokumen tertulis untuk menjelaskan secara umum bagaimana sesuatu terlihat misalnya hewan , fenomena alam , sosial budaya dan banyak yang lain . Sering kita temui sebuah contoh Report Text sangat mirip dengan Deskriptive Text. Perbedaannya adalah tentang apa objek yang dijelaskan, dimana report mengambarkan sesuatu secara umum (General) sedang Descriptive hanya tentang satu hal saja secara spesifik.
Secara sederhana Report Text is the text that explains the details of something in general after going through observations. Artinya report text adalah teks yang menjelaskan detail dari sesuatu hal secara umum setelah melalui pengamatan.
Karena penjelasannya bersifat umum, maka purpose of report text atau tujuan dari report text adalah to inform about something (functions, compotition, etc) of a object atau menginformasikan detail sesuatu (bisa fungsi, komposisi, atau yang lain) dari suatu objek

Struktur Report Text

Report Text terdiri dari dua bagian yaitu:

1. General Classification

General classification atau klasifikasi umum adalah bagian struktur report text yang berisi penjelasan dari objek yang dibahas hal-hal umum darinya. Hal umum ini berupa hal dasar, misalnya nama ilmiah, jenis makanan, tempat asal, dan lain sebagainya (bila yang menjadi objek adalah benda hidup seperti hewan ataupun tumbuhan).

2. Description

Description atau deskripsi adalah bagian struktur report text yang berisi penjelasan secara detail mengenai gambaran dari objek yang dibahas. Misalnya, anggota tubuh, karakteristik bagian tubuh dan fungsinya, pola perilakunya, dan lain sebagainya.

Ciri-ciri Report Text

Ada beberapa ciri dari Report Text yang membedakannya dengan jenis teks yang lain, yaitu:
1. Report text identik dengan penjelasan satu objek, dan sering disertai dengan gambar ataupun data sebagai pemerjelas.
2. Dapat dinikmati oleh orang awam tanpa harus mempelajari atau menguasai bidang ilmu tertentu karena penjelasan dan penggambarannya bersifat umum.
3. Banyak menggunakan kalimat Technical Terms yaitu kalimat-kalimat yang berkaitan dengan objek yang dibahas.
4. Noun yang digunakan adalah general nouns, bukan kepemilikan. Misalnya cat, fish, bukan my cat, your fish.

Contoh Report Text

Kali ini mimin akan memberikan contoh report text tentang hewan, yaitu hewan penguin.

Report Text About Penguin


Contoh Report Text tentang hewan, Report text tentang penguin. Report Text : Pengertian, Struktur, Ciri-ciri, dan Contoh Report Text Beserta Terjemahan
Contoh Report Text tentang Hewan Penguin


General Classification
Penguins are a group of flightless aquatic birds living almost exclusively in the Southern Hemisphere, particularly in Antarctica. Highly adaptive to live in the sea, penguins have countershaded dark and white feather, and their wings have evolved into flippers. Most penguins feed squid, fish, and other forms of sealife caught while they are swimming underwater. They spend about half of their lives in the oceans.

Description
Eventhough all penguin species are native to the Southern Hemisphere, they don not live only in cold climates, such as Antarctica. In fact, only a little species of penguin live too far south. Some species are found in the temperate area, and one species, the Galápagos penguin, lives not too far with the equator.
The vast living species is the emperor penguin (Aptenodytes forsteri): when they are adults they are about 1.1 m (3 ft 7 in) tall and 35 kg weight or more. The smallest one is the little blue penguin (Eudyptula minor), which is known as the fairy penguin, which stands around 40 cm height and 1 kg weight. Among the species of penguin, larger penguins live in colder regions, while smaller penguins generally inhabit tropical climates places. Some prehistoric species of penguin attained enormous sizes, becoming as heavy as an adult human.


Terjemahan Report Text Tentang Penguin :

Klasifikasi Umum
Penguin adalah kelompok burung air yang tidak terbang yang tinggal hampir secara eksklusif di belahan bumi selatan, terutama di Antartika. Sangat adaptif untuk hidup di dalam air, penguin memiliki bulu yang sangat berlawanan yaitu hitam dan putih, dan sayap mereka telah berevolusi menjadi sirip. Kebanyakan penguin memakan ikan, cumi-cumi, dan bentuk lain dari hewan laut yang mereka tangkap saat berenang di air. Mereka menghabiskan sekitar setengah dari kehidupan mereka di lautan.

Deskripsi
Walaupun semua spesies penguin adalah asli belahan bumi selatan, mereka tidak hanya hidup di iklim dingin, seperti Antartika. Bahkan, hanya sedikit spesies penguin yang tinggal terlalu jauh di sebelah selatan. Beberapa spesies ditemukan di daerah yang iklimnya sedang, dan satu spesies, penguin Galapagos, tinggal tidak terlalu jauh dengan khatulistiwa. Spesies pinguin terbanyak yang masih hidup adalah penguin kaisar (Aptenodytes forsteri): ketika mereka dewasa mereka memiliki tinggi sekitar 1,1 m (3 ft 7 in) dan berat 35 kg atau lebih. Yang terkecil adalah penguin biru kecil (Eudyptula minor), yang juga dikenal sebagai penguin peri, yang tingginya sekitar 40 cm dan berat badan mencapai 1 kg. Di antara spesies– spesies penguin, penguin yang lebih besar hidup di daerah dingin, sementara penguin yang lebih kecil umumnya menghuni tempat beriklim tropis. Beberapa spesies prasejarah dari penguin dapat mencapai ukuran seberat manusia dewasa.

Nah itu tadi tentang report text atau teks report, semoga bermanfaat. Kalian juga dapat mempelajari teks-teks yang lain, misalnya pengertian explanation text? Sehingga wawasan teks bahasa inggris kalian meningkat dan dapat memperoleh nilai ujian yang bagus.

Belum ada Komentar untuk "Report Text : Pengertian, Struktur, Ciri-ciri, dan Contoh Report Text Beserta Terjemahan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel